• header
  • header

Selamat Datang di Website SMK TELEKOM | Menuju Sekolah Ramah Anak Yang Unggul dan Berkarakter

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMK TELEKOM

NPSN : 20603288

Jl.Pamulang Permai II No.1, Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan 15416


info@smktelekom.sch.id

TLP : 021-7432460, 7463929


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 28103
Pengunjung : 13494
Hari ini : 3
Hits hari ini : 22
Member Online : 0
IP : 18.207.102.38
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Study Tour, Sarana Meningkatkan Wawasan Pengetahuan Siswa




Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa perubahan cara pandang masyarakat terhadap lingkungan sekitar dan juga membawa perubahan perilaku sosial antar generasi masyarakat. Perubahan ini juga memberi pengaruh yang kuat terhadap pergeseran perilaku sosial ekonomi masyarakat, pola transaksi ekonomi tradisional berubah menjadi pola transaksi ekonomi digital. Akibatnya, budaya tradisional pun mengalami pergeseran pula mengikuti pola perubahan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.

 

Semua pola perkembangan yang terjadi di tengah masyarakat merupakan suatu tahapan langkah yang dapat dipelajari oleh setiap siswa untuk memperkirakan bagaimana pola kehidupan masyarakat masa kini yang sangat bergantung pada perkembangan teknologi informasi. Teori yang didapat oleh siswa di sekolah akan dihadapkan pada suatu pertanayaan dalam kehidupan nyata yang dialami sendiri oleh siswa peserta didik. Untuk dapat menjawab permasalahan ini maka dibutuhkan suatu inovasi tersendiri dalam metode pembelajaran teori yang selama diajarkan di sekolah, salah satunya adalah dengan memberikan kesempatan secara langsung kepada siswa peserta didik untuk melihat perbandingan teori dengan kondisi nyata di lingkungan luar sekolah.

 

Metode belajar di luar sekolah adalah salah satu inovasi sederhana dalam metode pembelajaran, salah satu metode ini adalah Study Tour. Dengan mengadakan Study Tour, siswa diberikan kesempatan mempraktekkan dan membandingkan secara langsung  teori yang didapat di dalam kehidupan nyata melalui pengamatan lingkungan di luar sekolah. Selain itu, metode ini juga diharapkan sebagai penyegaran dan mampu memberikan suasana baru yang nyaman sambil bersenang-senang.

 

SMK Telekom bersama dengan SMP dan SMA 1926, biasa dikenal dengan Sekolah Telekom 1926, secara rutin mengadakan kegiatan Study Tour setiap tahun yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun berjalan. Pada tahun pelajan 2018/2019 ini, lokasi yang dikunjungi adalah Puspa Iptek, Bale Seni Barley dan Cihampelas, Bandung. Dipilihnya Puspa Iptek sebagai lokasi tujuan adalah karena lokasi ini menampilkan perkembangan teknologi dan dapat dirasakan langsung oleh siswa. Sedangkan Bale Seni Barley dipilih sebagai sarana pengenalan terhadap seni dan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, kususnya masyarakat Jawa Barat.

Diharapkan dengan pelaksanaan Study Tour ini, yang bertema “Woderful Trip Sekolah Telekom 1926”, dapat menambah wawasan kepada siswa peserta didik dalam memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dampaknya terhadap perubahan seni dan budaya masyarakat. (bmd)




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas